Selamat Datang di Website Resmi Desa

Artikel

Belajar Digital Marketing, Putri Berdikari Batik Tingkatkan Ekonomi Desa

18 Desember 2020 14:40:37  Smart Village  80 Kali Dibaca  Berita Desa

Berita Desa, Lensa Jumat (18/12) 2020. Mustahik Putri Berdikari Batik dan remaja desa Sumurgung belajar bagaimana membangun branding  produk, serta juga mendalami pengetahuan dan praktik baik google  my business marketing. Kegiatan digital marketing yang digelar di Balai Desa Sumurgung merupakan agenda tahunan program Eco fashion Community Yayasan Sahabat Pulau Indonesia yang di danai oleh BAZNAS RI. Pemerintah Desa Sumurgung menyambut baik agenda ini. “semoga kegiatan ini memudahkan kelompok Putri Berdikari Batik dalam meningkatkan penjualan produk sehingga mendukung kemajuan ekonomi Desa Sumurgung” Prayito [Pak Inggih Desa Sumurgung].

 

Kemajuan bisnis sangat bergantung pada peningkatan penjualan produk. Rina selaku pemateri menyampaikan bahwa kunci utama dari berjalannya bisnis adalah melatih kemampuan untuk menciptakan ruang interaksi antara pedagang dengan konsumen melalui kecanggihan teknologi seperti aplikasi; google my  bisnis, instagram, facebook, whatsaap, dan lain-lain.Rina [owner Tintinchips] juga melatih mustahik putri berdikari batik untuk membuat google my bisnis PBB. Harapannya agar semua produk menarik dari kelompok ini bisa diakses semua pelanggan/pembeli.

 

Para pengrajin yang rata-rata sudah berusia 30 tahun, menyesuaikan diri dalam belajar bagaimana mempromosikan produk di media sosial/aplikasi. Tidak hanya ibu-ibu yang terlibat dalam workshop pemasaran produk ini, melainkan juga anak-anak desa Sumurgung dari tingkat, SMP-SMA hingga Mahasiswa. Hal itu sengaja dilakukan, selain merupakan bagian dari program kerja dalam bidang pendidikan yakni rumah baca harapan sahabat pulau Indonesia, merupakan bentuk nyata dari melibatkan anak muda dalam kolaborasi ke depannya.

 

Dalam kegiatan ini, 9 dari sepuluh peserta usia muda memberikan penjelasan mengenai; Strategi Marketing - Kenalkan bisnismu dengan cara go digital (Melalui akun Google My Bussinese) untuk memudahkan customer mencari lokasi bisnismu, sebagai praktik kelas. Tidak hanya itu para peserta juga belajar bagaimana membangun relasi dengan cara menjadi local guide (review setiap UMKM maupun bisnis lokal yang ada disekitarmu atau pada tiap-tiap lokasi bisnis maupun instansi yang kamu kunjungi dengan memberi bintang dan positif komen disertai gambar).

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa