Selamat Datang di Website Resmi Desa

Artikel

SUMURGUNG MASUK NOMINASI 6 BESAR LOMBA DESA SE-KABUPATEN TUBAN DALAM RANGKA HARI JADI TUBAN KE-728

07 Desember 2021 17:53:03  Smart Village  61 Kali Dibaca  Berita Desa

DESA SUMURGUNG MASUK NOMINASI 6 BESAR LOMBA DESA SE KABUPATEN TUBAN DALAM RANGKA HARI JADI TUBAN KE 728.

 

Berita Desa, Lensa Rabu (8/12) 2021. Dalam rangka Hari jadi Tuban yang ke 728,Pemerintah Kabupaten Tuban mengadakan Lomba Desa & kelurahan. Lomba Desa di ikuti 311 Desa & 14 kelurahan yang ada di kabupaten Tuban. Desa Sumurgung satu-satunya Desa yang masuk 6 besar di kecamatan Tuban. Sesuai dengan profil Desa bahwa Desa Sumurgung mempunyai beberapa produk unggulan yang di tangani Oleh Bumdes PUTRA PELITA Desa Sumurgung Kec Tuban. Agenda penjurian lomba desa yang sudah memasuki tahap 6 besar. Kegiatan ini dihadiri oleh tim juri kabupaten Tuban, pemerintah kecamatan, Polres Tuban, Kodim Tuban, Pemerintah Desa Sumurgung beserta Lembaga Desa serta karang taruna.

 

Pada agenda lomba Desa ditingkat kabupaten, pemerintah Sumurgung berharap menjadi lebih baik kedepannya. Dalam kesempatan penjurian saat dikonfirmasi Pemerintah Desa Sumurgung mengatakan “seperti yang sudah saya sampaikan kepada tim juri bahwa bukan hanya semata-mata mengejar juara, paling tidak binaan dari beliau-beliu menjadi lebih baik” Prayitno (Kepala Desa Sumurgung) 

 

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Sumurgung (selasa,7/12) tidak hanya membawa kesan kepada pemerintah atas antusiasme warga, melainkan juga sebuah kebanggaan pencapaian. Hal ini ditandai dengan produk unggulan yang di tangani dan menjadi Unit Usaha Bumdes seperti Lumbung Bumi, Lumbung Pangan, Batik pewarna alami Kelompok Putri Berdikari Batik, Peternakan, dan produk lainnya yang menjadi komoditi lokal. Saat dikonfirmasi kelompok PKK Sumurgung menjelaskan “produk yang sudah kita tampilkan tadi ada cemilan rengginang, kripik tempe, jamu bumi (beras kencur, kunir asam, sari kedele), ikan asap lele khas Sumurgung, kain batik motif khas Tuban, kain batik pewarnaan tumbuhan (pewarnaan alami), serat beberapa souvenir Sumurgung” Rasmini (ketua Tim Penggerak PKK. Dia juga menambahkan dari proses ini kami bisa mengembangkan dari segi usaha bersama kelompok PKK sehingga bisa mendukung menambah PAD ( pendapat Asli desa)

 

Pada kesempatan yang berbeda saat dimintai keterangan terkait apakah kabupaten bisa mengakomodasi produk unggulan desa. Pemerintah Desa menjelaskan “insyaallah bisa, misalkan yang sedang kita kembangkan ini adalah Lumbung Bumi, Lumbung Pangan & batik pewarnaan alam yang menjadi Icon di Desa Sumurgung. Sebab kita ingin menjadikan Sumurgung ini menjadi penghasil beras Organik” Inggih Sumurgung. Tim juri yang berkunjung ke Toko  Lumbung Pangan menyampaikan bahwa ini sangat bagus sekali karena selain memperoduksi beras organik pertama yang ada di kabupaten Tuban juga membantu para petani untuk tidak mengunakan pupuk kimia yang mana pupuk kimia ini sangat sulit di dapatkan dan harganya sangat mahal dengan adanya jamu bumi akan meringankan para petani. Perihal batik pewarnaan alam tim juri juga berkunjung di studio batik pewarnaan alam, Bongkol 1 Sumurgung juga menyampaikan dukungan terhadap produk kain batik tulis pewarnaan alami yang sedang berkembang. “jelas kita apresiasi, sebab cuman di Desa ini ada model produk seperti ini. Saya baru lihat di Sumurgung produk batik alam ini cukup banyak apalagi sudah bisa sampai 11 warna. ini bagus untuk diteruskan.” Susilo (tim Juri Kabupaten Tuban). Dia juga menambahkan saya secara pribadi suka dengan produk alam karena juga menjaga lingkungan.

 

Sudah lebih dari ratusan kain produk batik pewarnaan alam yang dikerjakan oleh kelompok Putri Berdikari Batik yang berdiri sejak 2018 dan sudah mulai berproduksi hingga saat ini. Kelompok binaan dalam misi Eco Fashion Community Yayasan Sahabat Pulau Indonesia dengan dampingan program pemberdayaan Mustahik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mendapatkan dukungan modal sepenuhnya dari Baznas RI & Pemdes Sumurgung serta pendampingan edukasi motif dan warna dari konsultan batik yang difasilitasi oleh Sahabat Pulau Indonesia. Saat di konfirmasi terkait dukungan Baznas RI, pengrajin batik pewarnaan alam “ini seluruh bahan produksi dan alat difasilitasi oleh Baznas RI, serta untuk agenda edukasi motif dan warna, juga pemasaran produk didukung oleh Sahabat Pulau Indonesia dengan misi Eco-fashion Commnunity” Warsimah (pengrajin batik kelompok Putri Berdikari Batik Desa Sumurgung).

 

Terkait dengan inovasi lanjutan pemerintah desa akan membuat Gedung serba guna & Wisata Edukasi. Hal ini dijelaskan sekertaris desa “pembangunan ini untuk menunjang semua Icon/produk unggulan milik desa yang nanti setiap weekand akan ada care free day di area gedung tersebut” Nur Said. Dia juga menambahkan berbagai macam produksi unggulan milik desa yang akan di pasarkan di gedung serba guna, juga akan di bangun di Lapangan Njambon Centra. adapun Wisata Edukasi Taman Pungguk untuk menarik Wisatawan baik lokal dan mancanegara dengan Alam yang indah dan di kemas sedemikian rupa, baru ada satu wisata seperti ini di Kota Tuban. Hal senada disampaikan Pak Inggih Desa sumurgung bahwa berharap selain menjadi Juara dalam lomba ini, adanya dukungan dari pemerintah kabupaten untuk membantu baik pemasaran, pernyataan modal untuk Bumdes yang menggawangi icon/produksi unggulan milik Desa Sumurgung.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Profil Desa Sumurgung

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa