Selamat Datang di Website Resmi Desa

Artikel

Tingkatkan Kearifan Lokal dan Ekosistem Pertanian, Pemdes Sumurgung Gelar Halaqoh Petani.

24 Juni 2021 21:28:08  Smart Village  100 Kali Dibaca  Berita Desa

Berita Desa, Lensa Rabu (23/6). Pemerintah Desa Sumurgung bersama BUMDES menggelar agenda Halaqoh Petani dan Pelatihan Produksi Jamu Bumi. Kegiatan yang dilakukan di Desa Sumurgung tidak hanya digelar dalam ruang untuk materi, tetapi juga melakukan praktik lapangan. Sejumlah aparat pemerintah baik Camat Tuban,Sekcam Tuban,Kasipem Tuban,Kasi PMD,Dinas Pertanian Tuban hadir dalam agenda ini. Seluruh peserta, tamu undangan dan juga narasumber menjalankan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung di ruang balai desa pada rabu pagi (23/6).

 

Agenda Halaqoh Petani dan Pelatihan Produksi Jamu Bumi merupakan langkah kongkrit mengedukasi petani tentang sistem kearifan dan ecosystem pertanian yang berkelanjutan. Hal ini diterangkan oleh kordinator pelaksana kegiatan, bahwa “Pelatihan ini bertujuan menyadarkan kembali para petani agar kembali bertani dg sistem yang memperhatikan kearifan dan ekosistem, meningkatkan kapabilitas petani dan meningkatkan kapasitas produksi tani”. Jelas Ahmad Syawaludin  (Selaku CEO.PT BENGKEL BUMI MANDIRI DEWAN PAKAH HKTI).

 

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh kelompok tani di Desa Sumurgung dan lembaga Desa Sumurgung berlangsung selama dua hari, Rabu & Kamis. Dalam kesempatan lain ketua Lumbung Jamu Bumi Desa Sumurgung H. Moch.Luthfi Hakim menambahkan lima point sebagai harapan dari kegiatan ini yakni “(1). lahan kembali sehat dengan tidak adanya residu kimia pada lahan. (2). Quantity hasil pertanian meningkat sehingga Indonesia swasembada dan tidak perlu impor. (3). Kesejahteraan petani meningkatkan. (4).  Petani mampu menyuguhkan hasil pertanian yang sehat untuk pribadi dan konsumen. (5). Sehingga hasil akhirnya sesuai  dengan qoute " selamatkan bumi, sejahterakan petani " tukas Lutfhi. 

 

Hal yang berbeda namun memiliki semangat yang serupa disampaikan Direktur BUMDES Putra Pelita Desa Sumurgung bahwa "Setelah melaksanakan kegiatan ini harapannya petani bisa lebih menambah pengetahuan bagaimana cara bertani secara sehat dan agar bumi Sumurgung menjadi lebih subur dan makmur" terang Harsono

 

Agenda Halaqoh Petani dan Pelatihan Produksi Jamu Bumi melalui Pemerintah Desa Sumurgung memiliki komitmen untuk kemajuan ekonomi yang tidak bergantung pada pupuk unorganik. Hal tersebut disampaikan oleh Pemdes Sumurgung  bahwa “Desa berharap kedepan bisa menjadi lumbung penghasil padi organik sehingga secara ekonomi penghasilan meningkat dan ketergantungan akan pupuk unorganik bisa dihilangkan dan petani di desa kami tercinta ini akan lebih sejahtera sesuai dengan visi misi saya untuk mensejahterakan masyarakat Desa Sumurgung” ucap Prayitno (Kepala Desa Sumurgung).

 

Beliau juga menambahkan, “dukungan pemdes sudah jelas sangat-sangat nyata dan bersemangat, demi menumbuhkembangkan potensi desa dan pemdes akan memfasilitasi kegiatan ini agar bisa maksimal dan hasil tani bisa ke nasional agar pemerintah pusat tidak impor dari luar negeri karena beras produksi dari anak bangsa sendiri kami yakin jauh lebih bersih,sehat,alami tanpa bahan kimia sesuai dengan slogan kami "Selamatkan Bumi Sejahterakan Petani " kami berharap dukungan baik dari pemerintah kecamatan Tuban maupun kabupaten Tuban agar program/kegiatan yang kami laksanakan bisa lebih diperhatikan untuk menyukseskan lumbung bumi Desa Sumurgung untuk memproduksi hasil beras yang berkualitas dengan Jamu Bumi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa