Selamat Datang di Website Resmi Desa

Artikel

Tes SWAB 52 Peserta Sumurgung dari 100 Kuota, 2 Orang dinyatakan Positif

13 Juli 2021 16:44:41  Smart Village  92 Kali Dibaca  Berita Desa

 

Balai Desa Sumurgung, Selasa (13/7). Dalam kegiatan Tes SWAB yang digelar oleh Kemenkes RI, Dinkes Kabupaten Tuban bersama Pemerintah Desa Sumurgung -Tuban, diikuti oleh 52 peserta dari kuota 100 peserta. Secara keseluruhan saat dikonfirmasi alasan peserta Tes SWAB mengikuti tes bahwa mereka memiliki alasan teknis semisal hasil tes dibutuhkan untuk kepentingan perjalanan bisnis keluar kota. Sebagian kecil memiliki alasan untuk mengetahui kondisi terkini kesehatan pribadi. “saya mengikuti tes ini, karena beberapa hari yang lalu sakit, dan saya ingin tahu apakah saya mengidap covid-19 atau tidak” pasien nomor 10. Hal senada juga disampaikan oleh sahabat ZCD Baznas RI Desa Sumurgung, bahwa harapannya mengikuti tes SWAB itu adalah ingin mengetahui kondisi terkini kesehatan pribadi.

 

Sebanyak 52 peserta yang mengikuti Tes SWAB dari 100 kuota yang disediakan. Dari tes ini, dua orang dinyatakan positif covid-19. Saat dikonfirmasi petugas medis memberikan keterangan terkait jumlah peserta yang positif “ada dua orang yang positif dan akan melakukan isoman. Setelah pengambilan cairan di hidung lalu diletakkan dialat tes SWAB hasil tesnya bisa ditunggu selama 15 menit, dan kami juga sudah bisa membagikan hasilnya ke peserta dihari itu juga. ” jelas Lili (Bidan Desa). Agenda berlangsung dari jam 8 pagi dan baru selesai jam 13.30. tidak hanya warga, beberapa aparat desa juga mengikuti tes SWAB untuk mengetahui kondisi kesehatan yang bersangkutan.

 

Protokol kesehatan dengan dua unit bak cuci tangan, dua botol handsanitizer di meja registrasi dan meja tes, masker, dan posisi kursi antrian yang berjarak sudah disiapkan pemerintah satu jam sebelum kegiatan dimulai. Warga yang berdatangan langsung diarahkan oleh para petugas mulai dari mencuci tangan lalu, diikuti dengan mengenakan masker, mengisi daftar hadir dan mengambil antrian. Belum ada keterangan kapan pelaksanaan tes SWAB kedua atau selanjutnya. Pemdes Sumurgung melalui kegiatan ini juga berpesan kepada warga untuk ikut mendukung proses penanganan covid-19. "saya berharap semua warga mau mengikuti tes ini. kami juga sudah menyampaikan melalui RT/RW agar menghimbau warganya ikut dalam pelaksanaan tes SWAB. Kita perlu saling menjaga satu sama lain" Ujar Prayitno (Kepala Desa Sumurgung)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Tuban adalah Kita

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa