Selamat Datang di Website Resmi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban - Sumurgung Kampung Batik

Artikel

Karang Taruna Sumurgung MOU Gerakan Literasi Bersama RUBAH Optimalkan Pendampingan Pendidikan.

06 Februari 2022 17:51:29  Smart Village  124 Kali Dibaca  Berita Desa

Kelompok belajar peserta rumah baca Harapan meliputi pelajar SD/sederajat,  SMP/sederajat, SMA/sederajat menggelar musyawarah/silaturahmi relawan. Dalam kegiatan ini 5 Pemuda karang taruna hadir sebagai perwakilan  untuk melakukan penandatanganan MOU kegiatan literasi sepanjang Februari dan Maret. Hal ini diterangkan oleh salah satu koordinator rumah baca "Kami dari pengurus rumah baca sengaja mengundang karang taruna untuk penandatanganan MOU kegiatan literasi Februari Maret harapannya karang taruna Desa ikut terlibat secara langsung dengan program-program yang ada". Kegiatan literasi di rumah baca harapan sumurgung Tuban sudah berlangsung sejak 10 November 2020. 


Dari enam pendaftar relawan, dua relawan sempat hadir dalam kegiatan silaturahmi relawan program di rumah baca. Saat dikonfirmasi pengurus rumah baca menjelaskan ada 6 orang yang mendaftar menjadi relawan di rumah baca Harapan, 4 diantaranya tidak hadir sebab ada urusan kuliah dan pekerjaan sementara Dua di antaranya mengikuti kegiatan hingga akhir acara. Salah satu relawan dalam sebuah kesempatan perkenalan "saya senang mengikuti kegiatan sosial dan konsisten dalam menjalankan kegiatan itu penting" Wahyu. 

Program-program literasi yang sudah berjalan di rumah baca Harapan selain kegiatan membaca dan menulis ada kegiatan lingkungan dan juga kegiatan outdoor. Hal ini diakui oleh karangtaruna Sumurgung bahwa gerakan literasi di rumah baca Harapan mampu menarik simpati masyarakat merubah bacaan berdiri dari 0 hingga saat ini memiliki puluhan koleksi buku serta alat peraga belajar lainnya. Saya secara pribadi melihat proses rumah baca ini berkembang dari yang pertama ada di bawah pohon kemudian sekarang sudah punya bangunan semi permanen di atas tanah milik keluarga Pak Lan yang dipinjam sementara untuk digunakan anak-anak belajar koleksi-koleksi bukunya mulai bertambah dan ada beberapa tenaga relawan yang ikut membantu kegiatan belajar di rumah baca". Ketua karang taruna Sumurgung Ihsan Abdurrahim. Kerja sama gerakan literasi ini diharapkan mampu melahirkan kader literasi di Sumurgung.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Profil Desa Sumurgung

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa