Selamat Datang di Website Resmi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban - Sumurgung Kampung Batik

Artikel

Publikasi APBDes, Pemerintah Desa Jaga Integritas Kepemimpinan

24 Maret 2022 11:26:17  Smart Village  162 Kali Dibaca  Anggaran Desa

Anggaran Desa. Kamis, (24/3). Pihak pemerintah Desa melakukan transparansi penggunaan dana desa. hal ini dijelaskan kepala Desa Sumurgung "Publikasi transparansi pengelolaan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) merupakan hal yang utama untuk membangun integritas kepemimpinan. Saya kira dengan adanya transparansi anggaran pendapatan belanja Desa ini bisa menumbuhkan kepercayaan warga dalam penggunaan dana untuk pembangunan sumber daya manusia dan sumber daya alam." Tutur Prayitno (Kepala Desa Sumurgung). 

 

Penyusunan anggaran pendapatan belanja desa tentu tidak hanya dilakukan sendiri oleh pemerintah desa melainkan ada lembaga lain BPD, lembaga desa dan melibatkan perwakilan dari setiap RT RW yang dibahas dalam musyawarah desa. Hal ini disampaikan sekretaris desa, Said menjelaskan semuanya dirumuskan dan disahkan melalui hasil musyawarah desa yang diikuti oleh BPD lembaga desa serta perwakilan dari masing-masing RT RW. 

 

Publikasi APBDes melalui website ini sebagai bukti nyata pelaksanaan undang-undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 yang mendefinisikan bahwa Desa adalah Kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan,  kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati.

Aparatur Desa

Profil Desa Sumurgung

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa