Selamat Datang di Website Resmi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban - Sumurgung Kampung Batik

Artikel

Bangun Gerakan Pendidikan di Sumurgung, Sahabat Pulau Indonesia Bagikan Paket Beasiswa Pendidikan.

03 Juli 2022 17:29:52  Smart Village  114 Kali Dibaca  Berita Desa

Sumurgung-Puluhan anak-anak Rumah Baca Harapan dan anak-anak mustahik zakat yang terlibat dalam Rumah Baca Harapan Sahabat Pulau Indonesia menerima paket beasiswa. Penerima beasiswa berasal dari beberapa kecamatan di kabupaten Tuban. Pemberian paket beasiswa sudah berlangsung dua kali di Rumah Baca Harapan, Bongkol 1 RT 4/ RW 1 Sumurgung, Tuban. Hal ini disampaikan pendamping Baznas RI bahwa paket ini yang pertama dibagikan pada pekan terakhir bulan Juni dengan peserta sebanyak 14 peserta. Lalu pada kesempatan Minggu 3/7, sebanyak 6 peserta. Hal ini dilakukan karena proses kendala waktu yang saling berbenturan dengan jadwal yang bersangkutan karena itu kami juga tidak mengundang pemerintah desa, namun sudah memberitahu jauh hari bahwa anak anak disini mendampatkan paket beasiswa.

 

Adapun penerima beasiswa ini adalah anak-anak yatim piatu, dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah, anak berprestasi, para pegiat komunitas literasi dan pengurus OSIS yang merupakan anak binaan dari Baznas RI di Sumurgung, Tuban.

 

Seleksi ini dilakukan kepada mereka yang berhak menerima bantuan berdasarkan kriteria yang kami tentukan.  Hal ini disampaikan pendamping, bahwa penerima paket itu mereka yang memenuhi catatan diatas, dan sebagai bentuk apresiasi karena terlibat aktif dalam gerakan membangun pendidikan di Sumurgung, Tuban. Paket beasiswa berupa; tas daypack ukuran 5 liter, botol minum, buah note book,  pulpen dan pensil, buah buku gambar, dan handsanitizer.

 

"Beberapa anak-anak yang menerima beasiswa ini sebagian mereka yang bukan anak-anak mustahik, melainkan mereka yang terlibat dalam kegiatan literasi. Beasiswa ini diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar anak-anak rumah baca harapan." Terang Musyawir, sahabat pendamping Baznas RI yang juga adalah pengarah.

 

Paket beasiswa pendidikan ini merupakan program Sahabat Pulau Indonesia dalam konsep Sahabat Pulau On Action (SPOA). Kegiatan SPOA tidak hanya beralangsung di Sumurgung Tuban, melainkan di 13 Provinsi lainnya. Rozi, Sekjend Sahabat Pulau Indonesia menerangkan, perihal pembagian SPOA ini diperuntukan untuk adik-adik Rumah Baca Harapan yang tersebar di 13 provinsi seperti di Sumatera,  Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

 

"Sumurgung juga dapat karena ada kegiatan kami bersama mitra Baznas RI yakni Eco Fashion Community. Alhamdulillah, paket ini sampai kepada anak-anak mustahik." Jelas Rozi

 

Paket beasiswa ini tidak hanya datang dari Sahabat Pulau Indonesia melainkan dari NIKE Indonesia yang sudah sekian tahun terlibat kerja sama dalam bidang pendidikan.

 

"Sebelum paket ini, kami juga membagikan sepatu sport untuk para atlit, guru, relawan kemanusian, anak-anak ekonomi lemah yang berprestasi di Tuban. Kegiatan ini kami lakukan diwilayah dampingan Baznas RI untuk bersinergi membangun aspek pendidikan dan kemanusiaan." Ujar relawan Sahabat Pulau, Muzi.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Profil Desa Sumurgung

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa