Selamat Datang di Website Resmi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban - Sumurgung Kampung Batik

Artikel

Kolaborasi Pojok Baca, Wujudkan Mimpi Seorang Perempuan Di Dusun Taraan

14 Maret 2023 21:03:21  Smart Village  107 Kali Dibaca  Berita Desa

Kegiatan Pojok Baca program Rumah Baca Harapan (RUBAH) yang di selengarakan di rumah salah satu Warga Di Dusun Taraan Desa Tegalrejo RT 03/RW 02 Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban merupakan program bergilir. Hal ini disampaikan Koordinator RUBAH Tuban Farhansyah “Rumah Baca Harapan berdomisili di Dusun Bongkol 1, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban. memang kami membuat Pojok Baca ini bisa bergilir di rumah-rumah warga termasuk mereka yang ada di luar Desa Sumurgung”. Pojok Baca memiliki harapan memperluas ruang baca dan mendukung peningkatan Pendidikan di Desa. Selasa, (14/3).

Perempuan berprofesi Guru itu dipanggil dengan sapaan akrab Fita. Selain mengajar dia juga adalah konten creator social media yang bersedia membuka Pojok Baca. Tim kami mewawancarai Fita untuk menjelaskan apa arti Pojok Baca serta pentingnya Gerakan ini.

Tim media sumurgung.desa.id; Bagaimana Pendapat Anda terkait Pojok Baca?

Fita; Saya merasa senang sekali dengan adanya Pojok Baca ini memudahkan semua siswa-siswi atau anak-anak untuk membaca secara gratis karena media pembelajarannya sangat terbatas di lingkungan Desa, Dan juga tidak banyak anak-anak di sini yang punya buku pribadi atau buku cerita. Dengan adanya Pojok Baca ini mereka bisa mengenal bagaimana cara membaca yang disertai media bergambar, kan sangat menarik untuk mereka semua. apalagi di sini juga ada sekolahan, siswa-siswi  biasanya di jam istirahat  kalau lagi jenuh larinya ke sini untuk membaca, dan terkadang dia bermain.

Tim media sumurgung.desa.id; Mengapa  membuat Pojok Baca di rumah Anda ?

Fita; Sebenarnya sih saya sudah dari dulu ya kepengen banget punya suatu perpustakaan kecil untuk saya manfaatkan ke anak-anak yang suka membaca.

Tim media sumurgung.desa.id; Bagaimana pendapat Anda tentang anak-anak yang gemar membaca?

Fita; yang memiliki minat baca yang tinggi dengan adanya ini mereka itu sangat antusias sekali untuk membaca apalagi di sini bacaannya disertai dengan apa dengan gambar-gambar yang unik seperti gambar Bumi gambar matahari dan lain-lain.

Tim media sumurgung.desa.id; Apakah ada anak-anak Di Lingkungan anda yang tidak suka membaca, bagaimanan pendapat Anda tentang Ini?

Fita; Iya ada, mungkin minat baca mereka Kurang tinggi kali ya.

Tim media sumurgung.desa.id; Apakah ada biaya yang Anda gunakan untuk Pojok Baca ini, kalau ada dari mana biaya Anda dapatkan?

Fita; Kalau biaya tidak ada.

 

Pendamping Rumah Baca Harapan Musyawir mengharapkan siapa saja bisa mengakses Pojok Baca. Hal ini senada juga disampaikan salah satu pegiat Rumah Baca pada kesempatan yang berbeda “Kegiatan itu tidak memunggut iuran, namun setiap rumah yang ditempati Pojok Baca bertanggung jawab terhadap buku bacaan dan sarana yang disediakan oleh Rumah Baca Harapan” Tegas Suaib (ketua Sahabat Pulau Indonesia Chapter Gorontalo)

 

(FS)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Profil Desa Sumurgung

Sinergi Program

Website Tuban
Pengaduan Masyarakat
Covid Jatim
Covid Tuban
JDIH Kabupaten Tuban

Agenda

Statistik Penduduk

Peta Desa