Sejarah Desa

Asal mula Desa Sumurgung adalah Bongkol. Konon ceritanya Bongkol berasal dari Bahasa Jawa yang mempunyai akronim yakni  embong thekal-thekol, yang dalam bahasa Indonesia adalah embong berarti Jalan. Sedangkan Thekal-Thekol berarti berbelok-belok. Jadi Desa Bongkol artinya adalah Embonge Thekal- Thekol. Untuk perubahan Bongkol menjadi Desa Sumurgung itu kami kesulitan mencari sumber sejarah yang pasti .
Ada sumber lain yang menceritakan bahwa Bongkol menjadi Desa Sumurgung itu dengan adanya Waliyulloh Al-Mutamakkin  yang sedang menyiarkan agama Islam di Sumurgung dengan mendirikan Masjid yang sampai saat ini dinamakan masjid Al-Mutamakkin . Karena berdirinya masjid itu Identik dengan kesucian maka apabila untuk mengerjakan Sholat harus berwudlu dulu, dengan demikian Wali Mbah Al-Mutamakkin membuat Sumur sebagai tempat Wudlu. Begitu sumur digali ternyata sumbernya sangat banyak  atau orang jawa mengatakan agung, yang berarti airnya berlimpah. Dari wasilah dan karomahnya Mbah Al-Mutamakkin setiap orang Bongkol yang membuat sumur gali itu keluar airnya agung.    
Desa Sumurgung itu mempunyai makna bahasa Jawa yang berasal dari kata Su berarti linuwih, Mur berarti murahing, Agung berarti kang Moho Agung. Jadi menurut adat jawa, orang-orang menyakini bahwa Sumurgung murah air, atau merupakan sumber air  yang berlimpah. Untuk itu orang  Sumurgung berharap memperoleh kehidupan yang makmur dengan sumur yang agung.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)